7/24/2012

Cara Mengetahui Windows 32-bit dan 64-bit

Windows telah merilis berbagai versi untuk menyesuaikan diri dengan pesatnya perkembangan dunia Hardware , hal ini tentu agar sistem operasi bisa menangani kinerja hardware tersebut. Dulu, RAM 1 GB sudah besar dan sudah bisa ditangani dengan baik oleh windows xp 32bit, tetapi sekarang RAM 8 GB sudah dengan sangat mudah dan murah untuk didapat. Nah, dengan komposisi RAM seperti itu , jelas tidak akan bisa terbaca dengan baik oleh windows 32-bit  versi apapun, dan tentunya dibutuhkan windows versi 64-bit agar RAM sebesar itu bisa terdeteksi dengan baik. Sekarang bagaimana Cara Mengetahui Windows 32-bit  deengan 64-bit  ?. yoo dilanjuut bacanya….. .

 

Bit computer menentukan seberapa banyak data dapat diproses, Di system operasi Windows XP, 32-bit dan 64-bit adalah yang paling sering digunakan. Semakin tinggi hitungan bit yang digunakan, maka makin cepat komputer dapat memproses data. Penting juga untuk mengetahui apakah komputer menggunakan system 32-bit atau 64-bit, sehingga ketika Anda menginstal program, aplikasi dan driver, maka Anda akan merasa pasti bahwa apa yang di-instal kompatibel dengan versi Windows Anda.

Cara mengetahui bit system operasi yang digunakan :

 

Menggunakan System Properties

  1. Klik menu “Start” Windows dan klik “Run” dan akan muncul command box. Ketikkan “sysdm.cpl” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter hingga muncul dialog box System Properties.
  2. Klik tab “General”. Anda akan melihat informasi mengenai system operasi Anda. Jika Anda memiliki komputer yang berjalan di system 64-bit, maka Anda akan melihat tulisan “Windows XP Professional x64 Edition Version” di bawah “System“. Jika komputer berjalan di system 32-bit, maka Anda hanya akan melihat “Windows XP” (home or professional) di bawah “System” .
  3. Tutup dialog box “System Properties“.

Menggunakan jendela System Information

  1. Klik menu “Start” Windows, klik “Run” untuk launching command box.
  2. Ketik “winmsd.exe” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter hingga muncul jendela System Information
  3. Klik “System Summary” di panel navigasi dan lokasikan “Processor” di bawah “Item” di detailnya.
  4. Jika value processor mulai dengan x86, maka komputer Anda berjalan dengan  versi 32-bit JIka value processor mulai dengan  ia64 atau AMD64, maka komputer Anda berjalan di system Windows 64-bit.
  5. Tutup jendela System Information.

Demikian Cara Mengetahui Wndows 32-bit dengan 64-bit . Semoga bermanfaat.

 

Sumber : Beritanet.com


  1. Thanks ya.., comment please and review Alexa
  2. Kalau berkenan , bagikan pada rekan via tombol share di bawah.
  3. Mau langganan artikel ?, klik Disini, atau masukan email di sidebar

Bookmark and Share

Posted by : Saung Link ~ / Software Collections , Blog Tutorial , Internet Bisnis

Artikel Cara Mengetahui Windows 32-bit dan 64-bit diposting oleh Saung Link dengan Url http://saunglink.blogspot.com/2012/07/cara-mengetahui-windows-32-bit-dan-64.html. Thank's atas kunjungannya. Jika Sobat berkenan silahkan share melalui kotak share di atas.. Jika di COPAS mohon sebutkan sumbernya dengan link aktif ke posting ini. Atau copy kode dibawah ini. Happy blogging.

Related Post:

25 comments:

  1. Mampir ngisi absen dikunjungan perdana

    ReplyDelete
  2. Wow,baru tahu pdhl pake yg 64 bit.. thanks infonya gan.. ;)

    ReplyDelete
  3. mkasiih tip nya ,d,engan ini ,kita nanti bisa tahu mana yng bit nya lebih tinggi dan mna yng lebih rendah ,,agar bisa tahu mna yng paling cepet proses daatanya ^_^

    ReplyDelete
  4. informasinya sangat bagus. mau tanya; apakah perbedaan bit berhubungn dengan spesifikasi komputer? takutnya bit yang lebih tinggi akan nambah loding PC
    terimakasih

    ReplyDelete
  5. iya bener gan.. RAM di atas 4 GB udah lumrah.. mesti ganti OS yg 64 bit..

    ReplyDelete
  6. sangat membantu buat yang belajar...makasih ,,,banyak

    ReplyDelete
  7. terima kasih infonya, saya lagi belajar nih gan

    ReplyDelete
  8. bagaimana klo windows yang saya pakai windows 7 32 bit sedangkan software yang mau saya install hanya mendukung windows 7 64 bit tolong penjelasannya trima kasih....

    ReplyDelete
  9. oh jadi begitu ya cara mengetahuinya.. baru tahu ane tuh.. Makasih banyak infonya. Sangat bermanfaat sekali nih..

    ReplyDelete
  10. makasih gan. kebetulan saya mau install magictune buat samsung LED SA100 tapi ga tau berapa bit kompter saya, karena SA100 ga ada tombol pengaturan brightness-nya jadi mesti install software tersebut.

    ReplyDelete
  11. thanks infonya , sangat membantu..

    ReplyDelete
  12. Wah makasih ilmunya gan, bermanfaat buat newbie kyk ane. . .

    ReplyDelete